Breaking News

Operasi Patuh Seulawah 2021, Satlantas Polres Lhokseumawe Fokus Prokes Dan Vaksinasi


Untuk sementara ini Satlantas Polres Lhokseumawe tak lagi melakukan tindakan menilang kendaraan di jalan raya, namun lebih fokus terhadap kegiatan mengintensifkan protokol kesehatan dan vaksinasi di tengah masyarakat.


Hal itu diungkapkan Kapolres Lhokseumawe melalui Kasat Lantas Polres Lhokseumawe AKP Vifa Febriana di sela kegiatannya meninjau warga yang ikut vaksinasi di Pos Vaksinasi Covid-19 depan Terminal Bus Kota Lhokseumawe di Jalan Merdeka Kec. Banda Sakti, Senin (20/9).


Dikatakannya, pelaksanaan Operasi Patuh Seulawah tahun 2021 dimulai 20 September hingga 3 Oktober 2021 digelar secara rutin dengan lokasi berpindah-pindah.


Namun untuk kali ini ada hal yang berbeda dari sebelumnya, karena petugas Lantas tak lagi menfokuskan kegiatan untuk menertibkan kendaraan pelanggar di jalan raya.


Kasat menegaskan, mulai saat ini pihaknya 100 persen melaksanakan kegiatan penegakan edukasi protokol kesehatan dan merangkul masyarakat ikut vaksinasi serta berbagai upaya yang dapat memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.


Sehingga dapat dipastikan untuk tahun ini, sambungnya, Satlantas tidak lagi menggelar razia kendaraan yang berlalu lintas di jalan raya. Akan tetapi lebih dominan melaksanakan kegiatan razia masker, penegakan protokol kesehatan, vaksinasi dan mendukung segala aktivitas yang dapat memutuskan penyebaran Covid-19.


Namun demikian pihaknya juga tidak mungkin diam bila secara kasat mata melihat adanya pelanggaran lalu lintas yang mengganggu kepentingan umum. Maka tetap akan mengambil tindakan pemeriksaan dan penilangan sesuai prosedur untuk penertiban umum.


“Untuk tahun ini kita meniadakan razia kendaraan. Karena 100 persen lebih fokus dengan kegiatan edukasi protokol kesehatan, vaksinasi dan berbagai kegiatan lain yang dapat memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19,” paparnya.


Kasat menyebutkan petugas Satlantas kini telah menggelar kegiatan vaksinasi untuk masyarakat dengan menempatkan empat titik lokasi pos vaksinasi, antara lain di SMA 1 Jalan Darussalam, SMA 2 Desa Mon Geudong, Suzuya di Jalan Baru, dan Terminal Bus Jalan Merdeka.


Kasat mengaku bahkan untuk menarik animo masyarakat, pihaknya menyediakan helm dan sembako gratis kepada warga yang dengan suka rela ikut vaksinasi demi kekebalan tubuhnya. Sehingga tampak puluhan warga antrian di Pos Vaksinasi Covid-19 di depan Terminal Bus Jalan Merdeka untuk mendapatkan suntikan vaksinasi gratis.


Usai divaksinasi, setiap warga dapat memilih jenis bantuan berupa helm atau sembako dan dominannya warga lebih memilih helm gratis dengan alasan agar tidak terjaring razia kendaraan.

Kasat berharap agar masyarakat dapat menumbuhkan kesadarannya untuk tetap mematuhi Prokes dan ikut vaksinasi agar Kota Lhokseumawe menjadi zona aman.

© Copyright 2022 - Lentera Nasional - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini