• Jelajahi

    Copyright © Lentera Nasional
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    LINMAS Gampong se-kabupaten Bireuen Dilatih Satpol PP-WH

    Lentera Nasional
    Kamis, 02 September 2021, 10:05 WIB Last Updated 2021-09-02T08:57:38Z
    Asisten I Setdakab Bireuen Mulyadi,SH memberikan materi pelatihan LINMAS, (1/9).
    Bireuen - Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui Kesatuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah (Satpol PP-WH) menggelar pelatihan bagi personel Perlindungan Masyarakat (LINMAS) Desa se-kabupaten Bireuen secara bertahap, dalam rangka mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum Rabu (1 September 2021) di Gedung Olah Raga (GOR) milik Pemkab.
    Suasana pelatihan LINMAS se-kabupaten Bireuen di GOR Geulumpang Payong, Jeumpa.
    Bimbingan tersebut dibuka oleh Bupati Bireuen Dr. H. Muzakkar A Gani, SH, M.Si diwakili Sekretaris Daerah Ir. Ibrahim Ahmad, M.Si didampingi sejumlah Instansi terkait terdiri pihak Polres juga Kodim 0111/Bireuen bertempat di Geulumpang Payong Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen.
    Ulya Zakiyah, A.Md, Kabid LINMAS dan hubungan Antar Lembaga Satpol-PP dan WH Bireuen.
    Sekda mengharapkan kiranya para Anggota Linmas yang menghadiri pelatihan dan pembinaan ini agar benar-benar mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh serta menyerap seluruh materi yang diberikan oleh instruktur, sehingga kelak dapat memahami dan menyikapi dengan tindakan yang tepat dalam upaya membantu pemerintah ikut serta mencegah terjadinya konflik di wilayah masing-masing.

    Asisten pemerintahan, keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan Rakyat Mulyadi, SH, sebagai salah satu pemateri memaparkan bahwa Keberadaan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) telah diatur berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 10 Tahun 2009.

    Dijelaskan Ass I Setdakab Bireuen itu, adapun pengertian Satlinmas menurut peraturan itu adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana serta ikut memelihara keamanan, ketentraman, ketertiban dan kegiatan sosial di dalam masyarakat.

    Serta, lanjut pria yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Bireuen tersebut, pelatihan linmas ini bertujuan guna mengoptimalkan tugas pokok dan fungsi Linmas melalui pendekatan yang persuasif, edukatif dan partisipatif serta meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap keberadaan di lingkungannya.

    Kondisi pandemi Covid-19 ini, Linmas juga sebagai garda terdepan di lingkungan masing-masing dalam membantu pemerintah memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang kian merebak di nusantara, pungkas Mulyadi.

    Sementara Ulya Zakiyah , A.Md , kabid Linmas dan hubungan antar lembaga Satpol-PP-WH Bireuen saat dijumpai wartawan mengatakan, pelatihan dimaksud pada hari pertama diikuti para Linmas Gampong dari Tiga Kecamatan yang terdiri dari Kecamatan Peudada, Jeumpa dan Kecamatan Kota Juang.

    "Pelatihan yang kami gelar untuk para LINMAS Gampong se-kabupaten Bireuen, namun guna sama-sama menjaga protokol kesehatan Covid-19, maka kegiatan kita atur secara bertahap, dimulai hari ini (1/9)," ujar Ulya.

    Dikatakan Ulya, program pelatihan itu sempat tertunda. Seharusnya, kegiatan tersebut sudah terlaksana jauh hari sebelum ini. Namun karena sesuatu dan lain hal, maka baru bisa terwujud kini.

    "Seharusnya Pelatihan bagi LINMAS Gampong se-kabupaten sudah terlaksana jauh hari sebelum hari ini. Tetapi karena ada kendala satu dan lain hal, maka Penyelenggaraan nya baru terlaksana hari ini dan akan berlanjut hingga selesai kelak," beber Kabid Linmas Satpol PP-WH Bireuen. 

    Amatan lenteranasional.com di lokasi penyelenggaraan tampak hadir Kasat Pol-PP dan WH kabupaten Bireuen Chairullah Abed, SE, para Camat terkait dan sejumlah pemateri lain baik dari POLRI maupun TNI di Kabupaten berjulukan 'Kota Juang'. (*)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini