Breaking News

Turki Pamerkan "Nazar" Teknologi Laser Anti Rudal di IDEF 2021

Setelah sukses merontokan drone Wing Loong II dalam konflik di Libya, rupanya Turki kian serius mengembangkan teknologi senjata laser. Dalam ajang IDEF 2021 di Istanbul, perusahaan pertahanan Turki, Meteksan Defense Industry Inc. telah memperkenalkan sistem senjata laser baru yang berbasis di darat, yaitu Nazar.
Lantaran punya kandungan teknologi tinggi, Nazar tak pelak menjadi salah satu daya pikat dalam IDEF 2021. Sistem yang ditawarkan Nazar yaitu kemampuan laser soft-kill broadband mutakhir untuk menghadapi serangan rudal lawan yang berpemandu infrared dan electro-optical. Sementara penempatan Nazar dicanangkan guna melindungi kawasan obyek vital, seperti pangkalan militer. Menggabungkan teknik laser dazzling dan soft-kill, Meteksan menyebut bila Nazar dapat menetralisir rudal dari jarak jauh.

Dikutip dari indomiliter.com, Nazar telah dikembangkan untuk tidak hanya efektif terhadap rudal yang berpemandu elektro optik dan infared, tetapi juga memiliki kemampuan pengintaian dan pengawasan yang akan memberikan keuntungan terhadap berbagai ancaman asimetris berkat kemampuan operasi broadband-nya. Sistem ini juga akan dapat bekerja secara terintegrasi dengan sensor dan sistem lain untuk meningkatkan efisiensi secara keseluruhan.

Pada tahap pertama, Nazar dapat digunakan pada platform mobile yang dengan mudah diangkut ke lokasi yang diinginkan sesuai kebutuhan operasional. Listrik yang dibutuhkan untuk pengoperasian sistem disediakan oleh generator sendiri, sehingga tidak memerlukan sumber daya eksternal.

Mengikuti sistem hanud di permukaan, pada proyek Nazar Tahap 1, modifikasi diperlukan untuk meningkatkan kemampuan hanud di kapal perang, dimana kenal Nazar juga akan ditempatkan di deck kapal militer. Penempatan di kapal permukaan juga dapat digunakan sebagai alat bantu pengujian, pelatihan dan pengembangan, serta evaluasi teknik laser dazzle dan soft-kill.
© Copyright 2022 - Lentera Nasional - Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini