• Jelajahi

    Copyright © Lentera Nasional
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Bermodalkan Rp 34 Ribu, Netizen TikTok Bagikan Tips Masak untuk 4 Hari!

    Arief Salman
    Sabtu, 24 Juli 2021, 22:03 WIB Last Updated 2021-07-24T15:03:45Z
    Memasak hemat bisa jadi solusi saat keuangan menipis. Netizen TikTok ini bagikan tips belanja Rp 34 ribu untuk 4 hari makan.
    Dimasa yang cukup sulit, banyak orang yang harus hidup berhemat. Menekan biaya makan menjadi cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir pengeluaran bulanan.

    Di media sosial, tips masak dan belanja hemat juga banyak digandrungi karena sangat dibutuhkan. Kreasi bahan makanan juga diperlukan agar kebutuhan bahan makanan untuk memasak tidak membengkak.

    Salah satunya dengan memanfaatkan beberapa bahan makanan untuk dijadikan beberapa sajian. Efektivitas bahan makanan ini juga bisa menghemat tenaga agar tidak perlu bolak-balik belanja bahan-bahan makanan.

    Dikutip dari detik.com yang Melansir video TikTok @nadaffa_ (25/6), Nadaffa membagikan tips hemat memasak yang cukup hingga 3 sampai 4 hari. Hanya butuh dana sekitar Rp 34 ribu, bahan makanan ini bisa dikreasikan menjadi berbagai menu masakan. Harga bahan-bahannya ini tentunya berdasarkan harga bahan makanan di daerah tempat tinggalnya yaitu Wonosobo.

    Nadaffa menunjukkan semua bahan makanan yang telah ia beli senilai sekitar Rp34 ribu. Ada dua buah tahu putih seharga Rp8 ribu, cabai merah dan rawit seharga Rp5 ribu, wortel dan tomat seharga Rp3 ribu, kangkung Rp3 ribu, ayam untuk sop seharga Rp5 ribu, kubis seharga Rp3 ribu, daun bawang seharga Rp3 ribu serta kulit pangsit dua plastik seharga Rp3 ribu.

    Dengan bahan-bahan tersebut Nadaffa dapat membuat hingga empat jenis lauk makan dalam jumlah yang cukup banyak. Pertama-tama ada sayur sop yang menggunakan ayam, kubis setengah buah, wortel satu buah dan bumbu yang jika dihitung-hitung biayanya hanya sekitar Rp8 ribu.

    Kemudian ia juga membuat martabak tahu dengan campuran tahu, daun bawang, kulit lumpia, bumbu dan minyak. Martabak tahu ini jika dihitung-hitung hanya menghabiskan biaya sebanyak Rp9 ribu dengan hasilnya sebanyak 15 buah.

    Selanjutnya Nadaffa membuat tumis kangkung yang berisi kangkung setengah ikat, saus tiram dan bumbu-bumbu. Jika dihitung-hitung biaya untuk membuat tumis kangkung ini hanya sekitar Rp5 ribu yang cukup untuk dua porsi.

    Menu yang terakhir ia membuat perkedel tahu. Memanfaatkan sisa tahu, wortel, daun bawang dan sebuah telur, perkedel tahu ini jadi pelengkap menu-menu lainnya.

    Dikonfirmasi oleh detikcom (23/7) video yang dibagikan oleh Nadaffa tersebut bahkan telah disaksikan hingga 1,1 juta pengguna TikTok. Banyak yang merasa terbantu dengan tips yang diberikan Nadaffa ini.

    "Sekalian tutorial masaknya, biar anak kos kayak saya ikut belajar masak juga," tulis akun @tytyr45.

    "Tahu kalau mau disimpen dikulkas baiknya jangan direndem air kak, nanti airnya bau," tulis akun @tigaputriii333.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini