• Jelajahi

    Copyright © Lentera Nasional
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Ayong' Olah Lahan Tanaman Porang Sebagai Percontohan di Aceh Timur

    Minggu, 11 Juli 2021, 23:01 WIB Last Updated 2021-07-11T16:01:20Z
    Aceh Timur. Lenteranasional. Com - menjadi petani bukalah hal yang mudah lihat saja hari ini seorang Anggota DPRK Aceh Timur dari fraksi partai Nasdem yang hobinya bercocok tanam,minggu 11 Juli 2021

    berawal dari lahan kosong yang dimiliki olehnya yang berkisar 4 hektar, ayong panggilan akrabnya dari praksi partai Nasdem yang saat ini selain menjadi seorang wakil rakyat ia juga bercocok tanam berbagai jenis tanaman salah satunya tanaman tua yang ia tanami petai, Durian Musang king, Mangga,pisang, dan Alpokat, rambutan dan untuk tanaman palawija saya jatuh hati dengan tanaman yang namanya Porang

    Karena porang adalah salah satu komoditi yang saat ini di konsumsi oleh masyarakat dunia, namun untuk pengenalan Porang saat ini sangatlah minim dimasyarakat kita khususnya di Aceh padahal tingkat kesuburan tanah didaerah kita sangat bagus ujarnya

    Ditahun lalu saya sudah meminta kepada dinas pertanian Aceh timur untuk mengadakan pengadaan bibit Porang untuk masyarakat khususnya Aceh timur supaya penghasilan dan ekonomi  masyarakat Aceh timur dapat meningkat,apalagi di era Pandemi Covid saat jelasnya,akan tetapi karna kurangnya respon dari dinas terkait pada saat itu sehingga saya mengambil inisiatif sendiri untuk membeli bibit porang dengan harga 300.000 / kg dan hingga saat ini saya sudah membeli sebanyak 70 kg untuk saya budidayakan di lahan seluas lebih kurang 4 hektar, dan akan saya buktikan kepada dinas bahwa dengan budidaya tanaman Porang ini, ekonomi masyarakat akan dapat  ditingkatkan dan juga saya aka menjadikan lahan saya sebagai lahan percontohan di aceh timur supaya rakyat lebih mengenal dengan tanaman yang namanya Porang yang tidak harus pergi jauh ke luar dari Aceh saya  berharap kedepan masyarakat Aceh timur bisa menanam tanaman ini walau hanya 1000 meter per/ KK, karna komunitas porang saat sangat di minati dunia karena sangat banyak manfaat nya.
    Manfaat porang ini banyak digunakan untuk bahan baku tepung, kosmetik, penjernih air, selain juga untuk pembuatan lem dan "jelly" yang beberapa tahun terakhir kerap diekspor ke negeri Jepang.

    Umbi porang yang banyak mengandung glucomannan yang berbentuk tepung Glucomannan merupakan serat alami yang dapat larut dalam air biasa,dan digunakan sebagai aditif makanan sebagai emulsifier dan pengental, bahkan dapat digunakan sebagai bahan pembuatan lem ramah lingkungan 

    Porang adalah tanaman yang toleran dengan naungan hingga 60%. Porang dapat tumbuh pada jenis tanah apa saja di ketinggian 0 sampai 700 mdpl. Bahkan, sifat tanaman Yang satu ini dapat memungkinkan dibudidayakan di lahan hutan di bawah naungan tegakan tanaman lainnyaUntuk bibitnya biasa digunakan dari potongan umbi batang maupun umbinya yang telah memiliki titik tumbuh atau umbi katak (bubil) yang ditanam secara langsung.

    porang memiliki nilai strategis untuk dikembangkan, karena punya peluang yang cukup besar untuk diekspor ke negara Jepang, Tiongkok, Vietnam, Australia dan lain sebagainya.

    bayangkan saja Harga Porang bisa mencapai Rp2.500 untuk satu umbi dengan berat 4 kilogram,"dan ini dapat menambahkan  bahwa dalam hitungan normal 100 pohon Porang bisa menghasilkan Rp1 juta.

    Untuk luasan 1 hektare, kata dia, bisa ditanam sebanyak 6.000 bibit, sehingga bisa menghasilkan 24 ton/hektare, yakni dengan penghitungan 6.000 dikalikan 4 kilogram,maka dalam hitungan kasar, jika satu hektare bisa menghasilkan 24 ton, dan dikalikan dengan harga Rp2.500/kilogram, kurang lebih bisa menghasilkan Rp60 juta,"demikian ungkap ayong.(Mw)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini