• Jelajahi

    Copyright © Lentera Nasional
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    FEB UNIKI Kukuhkan Puluhan Sarjana Baru

    Lentera Nasional
    Selasa, 29 Juni 2021, 13:20 WIB Last Updated 2021-06-29T06:34:00Z
    Jajaran UNIKI foto bersama puluhan mahasiswa yang di Yudisium, (29/6)
    Bireuen - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (FEB UNIKI) Bireuen Provinsi Aceh kembali mengukuhkan 60 sarjana Strata-1, Selasa (29 Juni 2021).

    Kegiatan yang dimpimpin langsung Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dr. H. M. Yusuf A. Samad, S.Pd.I, M.M, dalam Yudisium tahap-II tahun akademik 2020-2021 dan berlangsung di Aula Utama Lantai 3 Gedung Pascasarjana UNIKI setempat.

    Tahun ini, kata M. Yusuf, pengukuhan gelar akademik Sarjana Ekonomi Manajemen dan Sarjana Ekonomi Akuntansi tersebut dilakukan dengan waktu yang singkat dan sederhana, mengingat akhir-akhir ini tren wabah covid-19 masih menunjukkan peningkatan.

    Sementara Wakil Rektor bidang kemahasiswaan dan Kerjasama UNIKI Drs. Win Konadi, M.Si., mengatakan, kegiatan berlangsung khikmad dengan tetap menjaga Prokes Covid-19.

    "Alhamdulillah upacara yudisium berlangsung selama 2 jam yang turut dihadiri para orang tua, Suami/Istri, dan keluarga para yudisium berlangsung khidmad. Suatu hal yang sangat menggembirakan para sarjana yang dikukuhkan hari ini, dihadiri oleh unsur pimpinan UNIKI, yang terdiri dari Wakil Rektor Akademik, Dr. Zainuddin Iba, SE., M.M, Wakil Rektor ADM Umum, Chairul Bari’ah, SE., M.M dan Ketua LPPM, Dr Azhari, SE., M.Si, Ak, CA serta Kepala Penjaminan Mutu, Dr. Fauzi, M.Kom.I," ujar Win Konadi.

    Dekan FEB UNIKI Yusuf A Samad dalam sambutannya menjelaskan, prosesi Yudisium tingkat Sarjana tahun akademik ini diagendakan untuk 3 tahap, yaitu Tahap pertama di bulan Februari lalu dengan mengukuhkan 79 Sarjana, tahap kedua hari ini 60 sarjana dan Insya Allah tahap ketiga akan dilangsungkan pada bulan Agustus 2021 mendatang.

    Direncanakan, pihaknya juga akan meyudisium mahasiswa jenjang S-2 Magister Manajemen untuk gelombang-II pada akhir Agustus mendatang, setelah mengukuhkan 22 lulusan perdana pada 9 Januari 2021 lalu.

    "Yudisium merupakan pengukuhan kelulusan seorang mahasiswa yang telah memenuhi syarat kelulusan pada suatu program studi atau jurusan.
    Alhamdulillah, tingkat capaian kelulusan mahasiswa UNIKI dari tahun ke tahun semakin baik, tercatat bahwa mahasiswa mampu menyelesaikan tepat waktu, juga semakin aktif dalam kegiatan akademik maupun non-akademik di masyarakat," sebut Lelaki lulusan Program Study Doktoral Ilmu Manajemen itu.

    Dalam menghadapi tantangan era disrupsi ini, walaupun pihak program studi hanya menyiapkan keahlian dari aspek akademik, tetapi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIKI mencetak mahasiswa mampu membaca Al-Qur’an dan secara bertahap mau memahami nilai-nilai ke-Islaman. Pihak Program studi sudah memberikan mata kuliah agama dasar selama 3 semester yang meliputi Akhlak, Ibadah dan Muamalah. Selain itu juga mereka ditunjang dengan beberapa mata kuliah, praktik ekonomi dan bisnis berbasis syariah.

    Kebijakan ini bertujuan selain untuk mendukung visi misi dan tujuan UNIKI, juga supaya menjadikan lulusan yang memiliki etika, moral dan tanggung jawab yang tinggi untuk memajukan Peradaban, tutup Dekan.

    Secara terpisah, Warek I Dr Zainuddin Iba menyatakan merasa bersyukur, agenda akademik berupa yudisium hari ini dapat dilaksanakan dengan lancar dan sukses. Hal ini dapat kami laksanakan dengan telah direkomendasikan oleh Kepala Lembaga Layanan Dikti Aceh, melalui surat rekomendasi nomor 1321/LL13/PM.04.02/2021 yang ditandatangani oleh Kepala LLDikti XIII Aceh Prof Dr Faisal, SH, M.Hum.

    Umumnya, dari 60 para yudisium hari ini sudah bekerja, dan ada sebagian yang telah selesai melaksanakan sidang pada tahun lalu, sebut Zainuddin. Kami berharap, para alumni yang dalam jangka waktu dekat ini akan diwisuda dengan para lulusan fakultas lainnya di lingkungan UNIKI, mampu menggunakan keahlian akademiknya untuk solusi di dunia kerja dan di masyarakat secara umum. Pihak akademik pun sudah mulai merancang dan menjalankan program pemberdayaan alumni melalui Pusat Karir dan Tracer Studi (PKTS) UNIKI, pungkas Zainuddin Iba. (Knd)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini