• Jelajahi

    Copyright © Lentera Nasional
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Budidaya Lele dengan Sistem Bioflok Mengurangi Harga Pembelian Pakan

    Arief Salman
    Jumat, 25 Juni 2021, 11:10 WIB Last Updated 2021-06-25T04:10:38Z
    Lenteranasional.com - Aceh Utara.Indonesia adalah negara maritim yang 70% terdiri dari laut.Indonesia memiliki sumber daya laut yang sangat melimpah khususnya di daerah provinsi aceh melihat akan potensi melimpah di aceh 
    banyak pembudidaya yang memanfaatkan potensi tersebut dan mengembangkan teknologi kemajuan  jaman dalam bidang akuakultur atau perikanan sendiri.Ada beberapa teknologi yang dapat digunakan 
    untuk meningkatkan hasil perikanan.(25/06/2021)

    Penelitian ini dilakukan Oleh 
    - Muhammad rifal (180330091)
    - Ryan arianto(180330085)
    - Ridha ilmi(180330053)
    Mahasiswa Akuakultur Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh, Dosen pengasuh
    RACHMAWATI RUSYDI S.Pi., M.Sc

    Salah satu teknologi yang digunakan pembudidaya tambak yaitu sistem bioflok.

    Bioflok adalah suatu sistem pemeliharaan ikan modern dengan cara menumbuhkan mikroorganisme yang berbasis mengolah limbah budidaya dengan itu sendiri yang bermanfaat sebagai pakan alami ikan.

    "Kenapa harus sistem bioflok karena sistem bioflok sangat menguntungkan  khususnya pembudidaya sistem bioflok.Adapun beberapa keuntungan dari sistem bioflok yaitu,karena
    hemat biaya dapat memenfaatkan limbah bioflok menjadi sesuatu yang bermanfaat dan dapat digunakan kembali", Ujar Muhammad rifal.

    Inovasi ini dapat digunakan secara berkelanjutan,intinya para pembudidaya ikan 
    lebih menghemat biaya produksi tertera dalam mengurangi biaya pakan,sehinga keuntungan yang didapatkan akan lebih maksimal.


    Bioflok dapat terbentuk jika empat komponen yaitu sumber karbon,bahan organik dari sisa pakan dan kotoran ikan bakteri pengurai dan ketersediaan oksigen.

    Terbentuknya biflok terjadi melalui 
    pengadukan bahan organik oleh aerasi supaya terlarut dalam air untuk merangsang perkembangan bakteri heterotof aerobik (kondisi cukup oksigen)menempel pada partikel organik ,menguraikan 
    bahan organik.


    Selanjutkan menyerap mineral seperti amonia,fosfat,dan nutrien lain dalam air sehingga bakteri yang menguatkan akan berkembangbiak dengan baik bakteri-bakteri ini akan membentuk.

    konsornium dan terjadi pembentukan flok hasinya kualitas air menjadi lebih baik dan bahan organik didaur ulang menjadi flok yang dapat menjadi pakan alami ikan.

    Kegiatan budidaya ikan lele dengan metode bioflok dilakukan di gampong meunasah 
    lhok,kecamatan muara batu,kabuten aceh utara.untuk mengurangi penggunaan air dan meningkatkan kualitas air,kolam berbentuk bundar sebanyak dua kolam.

    kolam tersebut di isi air penuh,selanjutnya 
    dilakukan pembuatan bioflok,media bioflok yang dibuat terdiri dari tempe,yakult,dedak,gula merah, air, kelapa, ragi, tepung sagu dan air.

    Semua bahan dihaluskan dan dicampur,kemudian setelah di haluskan dan dicampur selanjutnya didiamkan selama lima hari.


    Media bioflok diperankan dengan menambahkan aerator sehingga media bioflok menjadi flok-flok.Media bioflok ini didiamkan lima hari kemudian dicampur dengan dedak dan dituangkan ke dalam kolam yang sudah isi air.media air yang sudah ditambahkan media biolok dilakukan fermentasi selama 15 hari.setelah media air didalam kolam telah terbentuk menjadi media yang cocok dalam 
    budidayaikan lele,baru ikan lele dilepaskan kedalam kolam.


    Kekurangan Sistem Bioflok tidak dapat diterapkan pada kolam atau tambak yang bocor atau rembes, karena dapat mengancam biosecurity yang ada. Memerlukan aerator yang dapat bekerja terus-menerus sebagai penyuplai oksigen. Pengamatan air harus dilakukan lebih sering dan teliti demi mencegah timbulnya nitrit dan amonia. 

    "Apabila aerasi berhenti, maka akan terjadi pengendapan bahan organik di dasar kolam yang mengakibatkan pH air menurun atau menjadi asam. Apabila flok terlalu pekat dapat menyebabkan kematian bertahap, karena oksigen menjadi rendah", Ujarnya.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini