• Jelajahi

    Copyright © Lentera Nasional
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Pemerintah Gampong Blang Seunong Lakukan Pemutakhiran Data Masyarakat Berbasis SDGs

    Lentera Nasional
    Minggu, 23 Mei 2021, 23:07 WIB Last Updated 2021-05-23T18:08:55Z
    Kelompok Kerja Relawan pemutakhiran data berbasis SDGs Gampong Blang Seunong foto bersama di depan Kantor Desa.
    Bireuen - Kelompok Kerja Relawan Pendataan Desa Blang Seunong Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen, mulai melaksanakan tugas pemutakhiran data berbasis SDGs masyarakat, Minggu (23/05/2021).

    Keuchik Gampong Blang Seunong, Agusnadi, SE kepada lenteranasional.com pada Rabu (23 Mei 2021) mengatakan, Pemutakhiran data berbasis SDGs itu sendiri adalah pemutakhiran data Indeks Desa Membangun/IDM yang lebih detil lagi, lebih mikro, sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak tersebut dilaksanakan oleh Kelompok Kerja Relawan Pendataan Desa Tahun 2021.

    Dikatakan Agusnadi, sebelumnya Pemerintah Gampong Blang Seunong membentuk Tim Pokja dan Juga pembekalan/bimtek bagi Tim Pokja tentang Pemutakhiran Data IDM berbasis SDGs. Kini Tim Kelompok Kerja Gampong Blang Seunong mulai turun ke lapangan untuk melakukan pendataan, dimana pendataan dengan cara mendatangi rumah ke rumah setiap warga yang sasaran pendataannya adalah 175 KK atau 610 Jiwa.

    Segala kebutuhan dana untuk kegiatan tersebut dijelaskannya dibebankan pada Dana Desa (DD) TA 2021.

    Secara Yuridis, pelaksanaan ini berpedoman pada Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmisgrasi RI Nomor 13 tahun 2020 tetang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020 dan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmisgrasi Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

    Untuk waktu Pelaksanaannya, SDGs Desa ini sendiri dimulai sejak tanggal 1 Maret sampai tanggal 31 Mei 2021 mendatang.

    Ketua Tim yang juga Sekretaris Desa, Muhammaddar menambahkan, Pokja relawan SDGs Desa Blang Seunong, akan melakukan pendataan sesuai dengan 18 indikator SDGs Desa, dan ditarget akan selesai dalam kurun waktu yang telah ditentukan yaitu sampai dengan tanggal 31 Mei 2021.

    Struktur Pokja relawan pendataan dimaksud terdiri dari Pembina yaitu Keuchik, sedangkan Ketua Pokja adalah Sekretaris Desa, selanjutnya Sekretaris Pokja merupakan Kasie Pemerintahan.

    Sementara anggota dari unsur perangkat Desa, PKK, Karang Taruna dan unsur masyarakat Desa yang bersedia menjadi relawan. (*)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini