• Jelajahi

    Copyright © Lentera Nasional
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Pidie Jaya Sembelih 222 Ekor Hewan Ternak Di Hari Meugang

    Senin, 12 April 2021, 20:10 WIB Last Updated 2021-04-12T13:10:03Z

    Trienggadeng (LN) - Sejumlah 222 ekor Hewan Ternak (kerbau dan sapi) disembelih untuk memenuhi kebutuhan daging pada meugang (hari potong hewan) menjelang Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriyah. Semua daging yang tersedia sudah dipastikan dalam keadaan sehat dan aman dikonsumsi.


    Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Pidie Jaya melalui Sekretarisnya, Mahdi di ruang kerjanya, Senin (12/4), mengatakan, berdasarkan hasil survei lapangan, para pedagang daging di daerahnya telah menyembelih 222 ekor hewan meugang, yakni 163 ekor sapi dan 59 ekor kerbau.


    Ia mengatakan, semua hewan sapi dan kerbau yang akan dipotong bukan yang berasal dari luar daerah Aceh. Melainkan ternak milik masyarakat Pidie Jaya sendiri dan juga dari kabupaten tetangga Pidie dan Bireuen.

    Hari meungang pertama di Pidie Jaya hanya tersedia danging di pasar Uleegle (Bandar Dua) dan Pasar Kota Meureudu dengan Jumlah ternak yang disembelih Sapi (19 Sapi), Kerbau (2 ekor).  Sementara di hari kedua meugang tersedia di empat pasar, yakni Uleegle, Meureudu, Trienggadeng dan Leung Putu (Bandar Baru). Adapun hewan yang tersedia di hari kedua, Senin (12/4) adalah 144 ekor sapi dan 57 ekor kerbau.


    “Ternak yang disembelih tersebut dalam kodisi sehat dan tidak ditemukan kasus fasciola hepatica/cacing hati pada sapi dan kerbau pasca pemotongan. Sebelum pemotongang juga telah dilakukan pemeriksaan kesehatan termasuk kesehatan kuku, gigi dan mulut. Seluruh ternak kerbau dan sapi yang dijual kepada masyarakat di pusat pasar kabupaten dan pusat kecamatan, semuanya aman,” terang Azhari, Kasi Kesehatan Hewan yang mendampingi Sekretaris Dinas.


    Pantauan Media ini di lapangan, harga daging meugang di Uleeglee Rp.170.000/Kg dan daerah lainnya di Pidie Jaya harga daging tembus Rp180.000/Kg, begitu halnya berlaku pada hari pertama meugang. Sekira pukul 09.00 WIB, para penjual daging sudah mulai menggulung lapaknya karena semua dagangannya sudah habis. (Irfan)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini