• Jelajahi

    Copyright © Lentera Nasional
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Pemeñang Keuchik di Panteraja Semua Wajah Baru, Banyak Fenomena Terjadi

    Kamis, 01 April 2021, 16:59 WIB Last Updated 2021-04-01T09:59:29Z

    PIDIE JAYA (LN) - Proses perhitungan suara pemilihan keuchik langsung (Pilchiksung) atau Pilkades serentak di Kabupaten Pidie Jaya yang digelar Rabu (31/3) kemarin, berjalan sukses.  Di Kecamatan Panteraja, 5 dari 10 Gampong yang melaksanakan pesta demokarsi, semuanya dimenagkan oleh wajah baru.


    Selain itu, proses pilchiksung serentak dalam kecamatan penghasil teri ini diwarnai fenomena menarik. Semua calon petahana/ para mantan keuchik lama yang di luar dugaan tumbang dari rivalnya. 


    Salah satunya Pilkades di Gampong Tunong, kecamatan setempat, saat mantan anggota dewan (DPRK) Pidie Jaya (2009-2014) harus kalah dari pesaing lainnya. Ianya adalah Razali Agani sekaligus mantan keuchik gampong setempat periode tahun 2000-an.  Sebelumnya, kegagalan juga ia alami saat menjadi anggota DPRK Pidie Jaya pada pemilu legislatif tahun 2019 lalu. Abdurahman menjadi pemimpin baru di gampongnya dengan meraih 193 suara.


    Di Gampong Muka Blang, dari tiga kandidat yang bertarung Teungku Azhar yang tercatat sebagai imum meunasah gampong setempat, mampu mengalahkan dua pesaingnya dengan meraup 174 suara.  Syarboini Husen , merupakan mantan Imum Mukim Panteraja Barat dan juga mantan keuchik lama yang pernah memimpin di gampong itu, ia meraup 155 suara.  Sementara, Rusli Wahed mengantongi 153 suara, yang juga pernah menjabat keuchik di Muka Blang kembali kandas kedua kalinya setelah periode lalu kalah suara dengan Syarboini Husen.


    M. Jamil yang diketahui sebagai Purnawirawan TNI berhasil mendapatkan kepercayaan dari masyarakat Gampong Mesjid Panteraja. Ia menang mutlak dari tandemnya dengan perolehan 495 suara dan Baihaki hanya mendapatkan 21 suara.


    Begitu juga di Gampong Hagu dan Teungoh yang semua calon dari pendatang baru. M.Yusuf meraih 163 suara  berhak memimpin Gampong Hagu setelah menang dari pesaingnya Heri Alfian mengumpulkan 100 suara. Semenatara M. Fahmi (258 suara) menang telak dari M. Dian (78 suara).


    Camat Panteraja, Syukrimiadi menilai partisipasi masyarakat Panteraja terhadap ppesta domokrasi pemilihan keuchik gampong cukup tinggi. Hal itu terlihat dari membludaknya antrean di tempat pemungutan suara (TPS). Tingkat kehadiran pemilih rata-rata mencapai 80 persen.


    "Kami berterima kasih kepada masyarakat, baik panitia maupun tokoh masyarakat karena sudah menjalankan pilchiksung (pilkades) dengan baik dan lancar," jelas Syukri via media ini seraya menngakui telah meninjau pilkades di semua gampong ikut didampingi Kapolsek Panteraja Ipda T Anshari.

    “Alhamdulillah pelaksanaan Pilkades sudah berjalan aman. Semoga keuchik yang terpilih menjauhkan dari rasa arogan (latah) dan menyombongkan diri, serta menyatukan kembali semua pihak demi melayani masyarakat,” kata Ipda T Anshari.


    Ia mengimbau kepada masyarakat, karena pesta demokrasi telah terlaksana, kembali mewujudkan rasa persatuan dan kesatuan dalam bermasyarakat.  (Irfan)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini