• Jelajahi

    Copyright © Lentera Nasional
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kecamatan Trienggadeng, 605 KPM Belum Nikmati BLT DD

    Minggu, 11 April 2021, 23:05 WIB Last Updated 2021-04-12T03:24:09Z

    Trienggadeng (LN) - Sedikitnya 605 KPM belum bisa nikmati BLT DD Jatah bulan Januari 2021. Ratusan Keluarga Penerima Mamfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahun 2021 itu berasal dari 7 (tujuh) gampong di Kecamatan Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya. Sementara 20 gampong lainnya sudah selesai melakukan penyaluran alias sudah dinikmati oleh 1.594 KPM.

     

    Meski sudah memasuki bulan April tahun 2021, namun dari total 27 gampong dalam Kecamatan Trienggadeng, hanya tinggal tujuh gampong yang dilaporkan belum menyalurkan BLT dampak COVID-19 tersebut. Enam gampong diantaranya terkendala dengan Specimen Bank, dimana Keeman gampong itu, Meue, Panton Raya, Tampui, Rawasari, Matang dan Deah Ujong Baroh baru selesai pelaksanaan pesta demokrasi Pemilihan Keuchik Baru.

     

    Memang ada 10 gampong yang melaksanakan pemilihan keuchik pada akhir Maret lalu, namun empat gampong lainnya, Sagoe, Cot Lheue Rheng, Teungkluet dan Gampong Dee, sudah melakukan proses penarikan dana gampong lebih awal sebelum masa jabatan keuchik gampong berakhir 31 Maret 2021.  Sementara Gampong Pelandok Tunong belum menyalurkannya Dana BLT DD tahun 2021 dikarenakan terjadinya kesalahan teknis dalam proses penarikan dana gampong.

     

    Plt. Camat Trienggadeng, Fuad Ansari, SSTP membenarkan terjadinya keterlambatan dalam proses penyaluran BLT DD  tahun 2021 di beberapa gampong dalam kecamatan Trienggadeng.  Awalnya, faktor keterlambatan penyaluran BLT tahun 2021 yang perbulannya Rp 300 ribu itu, disebabkan proses verifikasi tingkat gampong bagi penerima-penerima bantuan dampak COVID-19 itu.

     

    Akui Fuad, verifikasi dimulai tingkat gampong/ desa, kemudian kecamatan, seterusnya DPMG itu, sangat penting guna mencegah penerima bantuan lainnya kembali menerima BLT.  “Dilakukan verifikasi dulu, agar penerima PKH maupun BST tidak masuk dalam penerima BLT tahun 2021,” ungkap Fuad sebagaimana disampaikan Kadis DPMG Pidie Jaya, Ir.Mukhlis bulan Maret lalu.

     

    Beberapa gampong yang belum dilakukan penyaluran BLT DD itu karena dana gampong tersebut belum cair. Dalam waktu dekat ini kami dari pihak kecamatan dibantu oleh KPMD terus melakukan upaya agar bisa melakukan proses pencairan Dana Desa 2021, sehingga BLT DD untuk 605 KPM lagi bisa segera dinikmati. “Paling lambat akhir Mei 2021 (sebelum lebaran Idul Fitri-red) semua hambatan yang terjadi  sudah teratasi,” janji Fuad.

     

    “Semua KPM hasil verifikasi ini merupakan masyarakat miskin yang terkena dampak covid-19. Jadi semakin cepatnya penyaluran BLT, masyarakat akan semakin terbantu meringankan beban yang dirasakan terdampak Covid-19 yang tak kunjung selesai dan masih terus merebak, “tutupnya. (Irfan)



    Komentar

    Tampilkan

    Terkini